Industri penerbangan di kawasan Asia Pasifik telah berkembang dengan cepat
dalam beberapa tahun terakhir. Menurut IATA, kawasan Asia Pasifik telah menjadi
pasar industri penerbangan terbesar di tahun 2009, dengan sekitar 647 juta penumpang, atau sebesar 27% dari
seluruh pemakai jasa transportasi penerbangan dunia yang berkunjung ke, dari,
atau di dalam kawasan Asia Pasifik. Sementara Tingkat pertumbuhan di kawasan
Asia Pasifik diperkirakan akan terus meningkat dalam 20 tahun mendatang dengan
pertumbuhan rata-rata majemuk (CAGR) per tahun sebesar 7,1% dari tahun 2009
sampai dengan tahun 2029 ( menurut prospektus Garuda Indonesia 2011). PT.
Garuda merupakan salah satu penyedia jasa penerbangan yang sangat berpengaruh
di Indonesia. Dan membuat PDB Indonesia mengalami pertumbuhan, hal ini
disebabkan karena ekonomi yang menguat telah memberikan kontribusi terhadap
pengembangan Indonesia menjadi negara menengah dan sejalan dengan kodisi industri
penerbangan di kawasan Asia Pasifik tersebut mengindikasikan potensi
peningkatan permintaan untuk pelayanan lalu lintas udara di Indonesia.
Menurut Direktorat transportasi udara
Indonesia, rata-rata pertumbuhan majemuk penumpang yang menggunakan jalur udara
di Indonesia dari tahun 2000-2008, untuk domestik sebesar 22,0% dan
internasional sebesar 5,6%. Indonesia diuntungkan dengan adanya kenaikan
kedatangan pengunjung dan wisatawan internasional, terutama mereka yang berasal
dari negara-negara Asia Pasifik dan Eropa yang memasuki negara Indonesia.
Sumbangan lapangan usaha angkutan udara bagi PDB Indonesia tahun 2009 sebesar
0.4% dengan pertumbuhan dari tahun 2008 sebesar 23.4%. Inilah sebabnya,
walaupun Indonesia memiliki pertumbuhan PDB tertinggi di regional Asia Pasifik,
industri perhubungan udara Indonesia relatif belum ditembus, yang ditandai
dengan masih rendahnya korelasi RPK per kapita dengan PDB per kapita jika
dibandingkan dengan negara-negara lain di regional Asia Pasifik untuk tahun
2009.
Selain itu, pada pasar penerbangan domestik di Indonesia, PT. Garuda Indonesia adalah
satu-satunya maskapai penerbangan dengan layanan FSC atau full service carrier yang
memiliki lisensi untuk
beroperasi di Indonesia, sehingga menempatkan PT. Garuda Indonesia menjadi bagian dari
perusahaan-perusahaan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi
Indonesia.
Sumber: http://wisatahary.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/07/12/24/
Sumber: http://wisatahary.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/07/12/24/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar